jump to navigation

Berburu Tiket Mudik KA? Enggak Harus Antre, Telepon 6916060! Agustus 31, 2009

Posted by Admin in Uncategorized.
Tags: ,
trackback
Berburu Tiket Mudik KA? Enggak Harus Antre, Telepon 6916060!
Calon penumpang antre membeli tiket mudik dengan kereta api eksekutif untuk dua hari sebelum Lebaran di loket reservasi Stasiun Gambir, Jakarta, Kamis (20/8). Penjualan tiket kereta api eksekutif jurusan Jawa Tengah dan Jawa Timur melalui loket reservasi yang terkoneksi secara “online” ke seluruh penjualan tiket di Pulau Jawa tersebut habis hanya dalam waktu sekitar 30 menit.

Senin, 31 Agustus 2009 | 12:11 WIB

Laporan wartawan KOMPAS.com Inggried Dwi Wedhaswary

JAKARTA, KOMPAS.com — PT Kereta Api Daop I Jakarta menawarkan terobosan baru pelayanan pembelian tiket kereta api. Anda tak perlu lagi mengantre berjam-jam bahkan sampai bermalam demi selembar tiket pengantar pulang ke kampung halaman. Bagaimana caranya? Kini PT KA Daop I Jakarta menyediakan layanan call centre ke nomor (021) 6916060.

Kepala Humas Daop I Jakarta Sugeng Priyono menjelaskan, layanan ini memang terbilang baru. Baru sepekan lalu mulai digalakkan. Agar Anda tak bingung, ini dia langkah-langkah yang harus ditempuh untuk memanfaatkan layanan ini:

1. Telepon ke nomor call centre (021) 6916060. Sebutkan nama penumpang yang akan berangkat, alamat, tanggal keberangkatan, dan nama KA. Ingat, sekali transaksi maksimal untuk 4 penumpang/tiket.

2. Setelah petugas call centre memastikan tiket yang Anda kehendaki tersedia, Anda akan diberikan 13 digit angka yang merupakan nomor booking.

3. Berbekal nomor booking, Anda harus melakukan transaksi via ATM (saat ini hanya untuk ATM BRI, BII, dan Mandiri), pilih menu pembayaran tiket KA. Pembayaran melalui ATM paling lambat 3 jam setelah pemesanan. Lewat dari 3 jam, pemesanan dianggap batal.

4. Setelah transaksi selesai, Anda akan mendapatkan struk yang akan ditukarkan dengan tiket KA. Struk jangan sampai hilang!

5. Penukaran struk dengan tiket paling lambat sehari sebelum keberangkatan di loket-loket stasiun KA di wilayah Daop I Jakarta yang sudah terintegrasi secara online, di antaranya Stasiun Gambir, Stasiun Senen, dan Stasiun Jatinegara.

Pemesanan bisa dilakukan untuk perjalanan pergi-pulang, sepanjang tanggal kepulangan masih dalam tenggat H-30 keberangkatan. “Layanan ini memang ditujukan untuk memudahkan agar penumpang tak perlu datang ke stasiun,” kata Sugeng kepada Kompas.com, di Stasiun Senen, Jakarta, Senin (31/8).

Untuk sementara waktu, layanan call centre hanya tersedia di Daop I Jakarta. Ke depannya, pengembangan akan dilakukan di seluruh wilayah di Indonesia. Dalam waktu dekat, layanan serupa akan diluncurkan di Daop VIII Surabaya, Jawa Timur.

Sementara itu, untuk layanan pemesanan secara online yang sudah tersedia cukup lama, saat ini memang belum mendapatkan respons besar dari masyarakat. “Masyarakat sudah cukup merespons, tapi memang ada masalah pada kesadaran IT. Mereka belum terlalu paham dengan sistem online,” kata Sugeng.

Nah, kalau semua sudah modern begini, tak perlu antre mengular, kan?

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: